Kepala Kanwil Bea Cukai Jatim I Terpilih Jadi Kepala Perwakilan Kemenkeu Jatim

Sidoarjo (08/01/2021) - Muhamad Purwantoro terpilih menjadi Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Timur pada Jumat (08/01).

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jatim I ini terpilih setelah memperoleh 6 suara dari total 7 suara peserta pemilihan yang merupakan pejabat eselon II di lingkungan Kementerian Keuangan Jawa Timur.

Pemungutan suara diadakan setelah Rapat Koordinasi Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Timur. Rapat dilaksanakan di Aula Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I dengan menerapkan protokol covid-19.

Menurut Muhamad Purwantoro, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan memiliki tugas yang tidak ringan, harus bisa mengoordinasikan semua unsur pelaksanaan tugas Kementerian Keuangan yang berada dalam wilayah kerjanya, juga sebagai wakil Kementeraian Keuangan di daerahnya.

“dalam melaksanakan tugas sebagai Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan, kami membutuhkan dukungan oleh seluruh unsur Kementerian Keuangan di Provinsi Jawa Timur, mengingat tugas yang tidak ringan termasuk menjadi penghubung antara Kementerian Keuangan dengan pemerintah provinsi di daerahnya”. Ujar Purwantoro.

Untuk diketahui, Pemilihan Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan merupakan implementasi dari Keputusan Menteri Keuangan nomor : 418/KMK.01/2012 tentang Perwakilan Kementerian Keuangan, Sekretariat Perwakilan Kementerian Keuangan, Dan Pengelolaan Gedung Keuangan Negara Di Daerah. Dimana Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan dipilih dari Kepala Kantor Wilayah  Direktorat Jenderal atau pejabat setingkat eselon II yang ditetapkan oleh Sekretaris Jenderal atas nama Menteri Keuangan berdasarkan hasil kesepakatan rapat yang dihadiri oleh paling sedikit 2/3 (dua per tiga) Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal atau setingkat eselon II di provinsi berkenaan.