Jaga Penerimaan Negara, Kanwil Bea Cukai Jatim I Sinergi Dengan Kanwil Pajak Jatim I

Surabaya (26-08-2021) Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I Padmoyo Tri Wikanto melakukan kunjungan kerja ke kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I, Kamis 26 Agustus 2021.

Kunjungan kerja kakanwil Bea Cukai Jawa Timur I ke Kanwil Pajak Jawa Timur I disambut langsung oleh Kakanwil Pajak Jawa Timur I Poltak Maruli John liberty Hutagaol dengan menerapkan protokol Kesehatan. Selain silaturahmi, kunjungan kerja kali ini untuk melakukan sinergi dalam rangka pengamanan penerimaan negara.

“selain melakukan silaturahmi, juga merupakan awalan untuk bersinergi dalam rangka mengamankan penerimaan negara baik dari sisi kepabeanan dan cukai maupun dari sisi pajak” kata Padmoyo.

Menurutnya, pengguna jasa yang dilayani oleh Bea Cukai juga merupakan wajib pajak yang dilayani oleh Pajak. Sehingga rangkaian proses bisnis yang mereka lakukan dapat dilihat oleh Bea Cukai maupun Pajak.

Lebih lanjut, terkait sinergi dengan Pajak, Kakanwil menyarankan sinergi yang dilakukan kali ini langsung pada penerapan di lapangan, termasuk untuk join analisisnya dalam rangka meminimalisir modus-modus yang dilakukan oleh wajib pajak untuk menghindar dari kewajiban perpajakannya.

“ini permulaan yang bagus dan nantinya akan ditindaklanjuti dengan sebuah konsep sinergi yang lebih produktif dan dapat ditelaah lebih dalam lagi”, tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Pajak Jawa Timur I Poltak Maruli John liberty Hutagaol menyambut positif rencana yang disampaikan oleh Kakanwil Bea Cukai Jawa Timur I.

Menurutnya, ide dan pemikiran yang disampaikan pada pertemuan tersebut dapat diakomodasi dan disinergikan untuk kepentingan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Direktorat Jenderal Pajak di Provinsi Jawa Timur.

Dia juga menambahkan sinergi ini dapat menguatkan pelaksanaan tugas bersama terutama sinergi yang bisa dilakukan terhadap dua institusi untuk mengamankan APBN di tahun 2021.