Tingkatkan Integritas, Bea Cukai Jatim I Gelar Talkshow Bersama Itjen

Sidoarjo - Bea Cukai Jatim I gelar Talkshow Itjen Menyapa dengan tema "Merdeka, Berdaulat, dan Bebas dari Korupsi" diikuti oleh seluruh pejabat dan/atau pegawai di seluruh satuan kerja di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jatim I melalui Zoom Media Conference dan Youtube Streaming (29/08). Acara tersebut diawali dengan rapat pimpinan di Lingkungan Kanwil Bea Cukai Jatim I bersama Itjen, kemudian dilanjutkan dengan Talkshow Itjen Menyapa yang dibuka secara langsung oleh Kakanwil Bea Cukai Jatim I, Padmoyo Tri Wikanto. Hadir sebagai narasumber, Inspektur Bidang Investigasi, Alexander Zulkarnain, dan Inspektur II, Peter Umar. Dalam kegiatan tersebut, Padmoyo menyampaikan agar para pegawai dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih terbuka dan memperkuat jiwa integritas dalam diri demi perbaikan kinerja dan menwujudkan Kemenkeu terpercaya.

Perlu diketahui dalam melaksanakan tugas, Bea Cukai diawasi oleh Inspektorat Jenderal, dalam hal ini Inspektorat II, yang memiliki tugas dan fungsi melakukan pengawasan terhadan DJBC dan LNSW melalui penyiapan perumusan kebijakan pengawasan intern, pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan Menteri, pengawasan intern terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya pada unit yang menangani bidang kepabeanan dan cukai, serta penyusunan laporan hasil pengawasan. Sedangkan, Inspektur Bidang Investigasi (IBI) memiliki tugas melakukan pengawasan penanganan fraud melalui pengelolaan LHKPN, melakukan clearance pegawai, sosialisasi kepada unit Eselon I, sebagai leading sector SPI sebagai segmen pencegahan, pengelolaan WISE (wistle blower system) dan pemberian hukuman disiplin.

Talkshow berlangsung meriah dan interaktif dipandu oleh Dzakiyatun Niswah, pegawai Bea Cukai Sidoarjo, dan dimoderatori oleh Andry Susanto, pegawai Kanwil Bea Cukai Jatim I. "Terus jaga nilai integritas kita, karena Integritas adalah Identitas!" ujar Padmoyo dalam closing statement yang diberikan.