Dukung UMKM Naik Kelas, Kanwil Bea Cukai Jatim I Sosialisasikan Klinik Ekspor Di Jambore BUMdes

Mojokerto (24-06-2022) Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I mengikuti Jambore Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau Festival Wisata Desa di Desa Wisata Poetoko Soeko Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jumat (24/6). Acara ini diselenggarakan oleh kolaborasi antara Politeknik Keuangan Negara STAN dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur dan diikuti oleh sekitar 100 BUMdes se Jawa Timur
Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I, Trimulyo Cahyono pada saat talkshow menyampaikan Kementerian Keuangan dalam hal ini Bea Cukai mendukung penuh UMKM yang dibina oleh BUMDes di Jawa Timur untuk naik kelas. Berbagai program telah dicanangkan oleh Bea Cukai untuk mendorong UMKM agar bisa memasarkan produknya ke luar negeri seperti Klinik ekspor.
“Bea Cukai memberikan sosialisasi kepada pelaku UMKM melalui klinik ekspor. Diharapkan melalui Klinik Ekspor, para pelaku UMKM memiliki pemahaman tentang bagaimana tata cara prosedur ekspor dan syarat apa saja yang harus dipenuhi”. Ujar Trimulyo.
Selain itu, Bea Cukai melalui Klinik Ekspor juga memberikan asistensi kepada para pelaku UMKM, seperti pendampingan dalam hal legalitas, perizinan, bahkan termasuk pengisian sistem perizinan berusaha terintegrasi melalui Online Single Submission (OSS).
Jambore BUMDes merupakan kegiatan pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa dalam rangka pemulihan ekonomi di Jawa Timur. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut MoU antara Politeknik Keuangan Negara STAN dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait Program perbantuan tenaga ahli, pelatihan BUM Desa, dan pendampingan pengelolaan keuangan BUM Desa.