Minimalisir Risiko, Pegawai Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I Ikuti simulasi Penanggulangan Bencana Gempa Bumi

Sidoarjo – Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), kanwil Bea Cukai Jawa Timur I mengadakan sosialisasi dan simulasi evakuasi bencana gempa bumi bekerjasama dengan badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur. Simulasi ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di Kanwil Bea Cukai Jatim I.

“Kesadaran bahwa setiap individu ini harus tahu bagaimana meminimalkan akibat dari bencana selama ini sangat kurang”. Ujar Muhamad Purwantoro. Semua orang, lanjut Purwantoro selalu diingatkan bahwa ada potensi dan contoh bencana yang sudah terjadi tetapi reaksi terhadap bencana tersebut kurang terlatih. Oleh karena itu perlu kesiapsiagaan dan pelatihan dalam penanganan setiap bencana.

Muhamad Purwantoro juga memaparkan perbedaan antara negara yang sudah terlatih menghadapi bencana seperti negara Jepang yang sering mengalami bencana gempa dengan negara yang sama sekali tidak terlatih dalam menghadapi bencana. Di negara Jepang, menurut Muhamad Purwantoro, sangat terlatih dalam menghadapi bencana. Begitu terjadi goncangan yang diakibatkan gempa, masyarakat di negara Jepang tidak panik dan mengetahui tempat yang akan dituju ketika mereka berada di dalam gedung maupun di luar gedung.

Dalam kegiatan ini dipaparkan materi penanggulangan bencana gempa bumi oleh tim dari BPBD Jawa Timur sekaligus praktek simulasi penanggulangannya. Diharapkan dengan adanya kegiatan simulasi ini, apabila terjadi bencana para pegawai sudah siap dan mampu menanggulangi bencana.