Jalin Sinergi, Kepala Kanwil Bea Cukai Jatim I Terima Kunjungan Direktur Kebijakan Bakamla RI

Sidoarjo – Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Timur I, Muhamad Purwantoro menerima kunjungan  Direktur Kebijakan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Agung Endrawan didampingi Kasubdit Perumusan Kebijakan Bakamla RI Hendry Marulitua beserta staf pada hari Rabu (08/05) di ruang rapat lantai II Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Timur I Sidoarjo.

Menurut Agung Endrawan, tujuan dari kunjungannya merupakan kegiatan untuk mengidentifikasi isu permasalahan dalam rangka pembuatan blue print keamanan laut di Indonesia, Sekaligus bentuk sosialisasi kepada stakeholder di laut bahwa Bakamla hadir berdasarkan undang-undang kelautan untuk menciptakan rumah bersama antar penegak hukum di laut. “Kami hadir di sini adalah untuk menciptakan satu kesatuan, pengintegrasian, pesinergian penegak hukum di laut dan di Bakamla sendiri terdiri dari berbagai Kementerian/Lembaga”. Lanjut Agung.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jatim I Muhamad Purwantoro dalam sambutannya menjelaskan gambaran umum daerah yang menjadi pengawasan Kanwil Bea Cukai Jatim I, termasuk penindakan-penindakan yang dilakukan oleh Kanwil Bea Cukai Jatim I dengan objek yang berada di laut termasuk kapal sarana pengangkut. “di Jawa Timur ini Bea Cukai ada dua, ada wilayah Jawa Timur I wilayahnya mulai dari pasuruan, Gresik, Juanda, Sidoarjo, Bojonegoro, Tanjung Perak masuk wilayah Jawa Timur I, dan hanya Kanwil dan Tanjung Perak yang memiliki kapal”. Ujar Purwantoro.

Dalam kunjungan tersebut, banyak hal yang didiskusikan bersama antara Kanwil Bea Cukai Jatim I dan Bakamla mengenai sinergi yang akan di lakukan di masa yang akan datang, termasuk sinergi dalam menanggulangi kejahatan-kejahatan kepabeanan yang dilakukan di laut.