Bea Cukai Jatim I Musnahkan 3.7 Juta Batang Rokok Ilegal, Kerugian Negara Rp 1.3 Miliar

Mojokerto – Bea Cukai Kanwil Jatim I memusnahkan Barang Milik Negara berupa rokok ilegal pada Rabu (18/03). Barang Milik Negara sebanyak 3.7 juta batang rokok ilegal yang dimusnahkan ini merupakan hasil penindakan tahun 2019.

Pemusnahan Barang Milik Negara ini dilaksanakan di tempat pengelolaan limbah desa Manduro Manggung, Ngoro, Mojokerto. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di tungku pembakaran.

“Barang yang dimusnahkan kali ini merupakan barang hasil penindakan di tahun 2019, totalnya mencapai  3.776.900 batang rokok”. Kata Kepala Seksi Humas Kanwil Bea Cukai Jatim I Mohammad Yatim, Rabu (18/03).

Menurutnya, Jutaan rokok ilegal yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil pengungkapan yang dilakukan oleh petugas Bea Cukai sekitar tahun 2019 lalu, sebagian merupakan rokok tanpa dilekati pita cukai dan sebagian lagi merupakan rokok dilekati pita cukai palsu.

“Barang tersebut merupakan hasil dari 9 kali penindakan yang dilakukan oleh petugas Bea Cukai dimana potensi kerugian negara di bidang cukai dari barang tersebut sebesar Rp. 1.397.453.000”. Ujarnya.

Pada kesempatan itu pula dimusnahkan juga 53 botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) berbagai merk dan golongan. Pemusnahan dilakukan dengan cara memecahkan botol MMEA tersebut.

“Untuk Minuman Mengandung Etil Alkohol ini merupakan hasil penindakan yang dilakukan oleh Bea Cukai Kantor Pusat dengan lokasi di Jatim, dan barangnya dititipkan ke kami untuk dimusnahkan”. Kata Mohammad Yatim.